Maaf kami hanya memposting Cheat Populer. Jika Ingin Request, Comment Aja Di Posting Mana Saja

Sunday, July 10, 2011

Munculnya Spesies Hewan baru dan munculnya kembali hewan yang Sudah Punah

Posted on Sunday, July 10, 2011 by Yuda Nugraha

Dunia fauna memang tidak henti-hentinya melahirkan spesies baru. Hampir setiap bulan para penjelajah (discoverer) dan peneliti (scientist) menemukan lebih dari puluhan spesies2 baru. Lebih dari itu, bahkan ditemukan spesies2 hewan yang diperkirakan sudah punah ternyata masih hidup.



PREAMBULE

Kali ini saya ingin berpaling sejenak dari hal2 yang berbau misterius, legenda, cryptid, dsb dan lebih mengagumi kekayaan alam yang luar biasa, dan salah satunya adalah dunia Fauna. Postingan kali ini hanya selingan saja karena saya belum mendapatkan topik yang menarik dan waktu yang pas, jadi jangan berharap postingan ini panjang.

Kembali ke topik artikel...

Semakin modern perkembangan zaman sekarang ini kita semakin lupa akan alam sekitar, bahkan semakin sedikit orang2 yang tertarik dengan kekayaan alam dan keindahannya. Buktinya tidak banyak orang (mungkin sangat sedikit) yang mengetahui kalau banyak spesies2 hewan yang semakin menuju kepunahan setiap bulannya, contoh paus biru yang populasinya terus menurun dari ribuan sekarang tinggal ratusan, contoh lainnya kura2 galapagos yang tinggal 1 ekor (pasti sedikit orang yang tahu akan hal ini). Ini adalah sebagai bukti kalau kesadaran kita terhadap alam jauh berkurang. Untungnya ada pihak2 yang sadar dan mau bertindak langsung untuk menyelamatkan spesies2 ini.

Ok, lupakan kisah sedih hewan2 yang diambang kepunahan. Alam memang berusaha menyeimbangkan ulah2 manusia. Dibalik populasi hewan2 yang menuju kepunahan, hampir setiap bulannya spesies baru juga berhasil ditemukan. Bahkan beberapa dari spesies yang berhasil ditemukan adalah spesies yang diperkirakan sudah punah berpuluh, bahkan beratus tahun yang lalu. Sekedar menambah pengetahuan wawasan kita berikut beberapa hewannya.

NEW SPECIES

New StringRay



Seekor Stingray (ikan pari) spesies baru saja ditemukan pada bulan ini di Ningaloo Marine Park, Australia Barat. Para peneliti yang melakukan survei sebagai bagian dari proyek yang dipimpin oleh Departemen Lingkungan dan Konservasi (DEC) bekerja sama dengan para ilmuwan dari CSIRO.

Pari yang digolongkan kedalam Neotrygon sp ditemukan berukuran lebar sayap rata-rata antara 20cm dan 40cm, jika dibandingkan dengan santaray (jenis pari lainnya) maka ukuran pari ini termasuk kecil. Diperkirakan selain Stringray ini ada beberapa spesies lagi yang akan ditemukan lautan Ningaloo.

New Changed-Color Frog



Spesies baru yang ini berasal dari salah satu kepulauan kita, yaitu Papua. Warna tubuh katak ini bisa berubah2 sesuai dengan keadaan layaknya bunglon. Warnanya bisa berubah dari yang gelap (gambar kiri) sampai yang hampir transparan (gambar kanan). Kemampuan merubah warna kulit tubuh ini belum pernah ditemui pada jenis2 katak yang lain.

Seorang peneliti bernama Dr. Fred Kraud dari Museum Bishop di Hawai yang menemukan katak tersebut. Setelah diidentifikasi, akhirnya katak unik ini digolongkan kedalam Oreophryne ezra karena warna dasarnya yang mengkilat hitam dengan bintik-bintik kuning cerah. "Belum pernah ditemukan contoh seperti ini didunia kodok," Ujarnya.

Menurutnya kemungkinan katak kulit katak ini mengandung racun seperti 'poisoned skin frog'. Sampai sekarang masih dilakukan penelitian untuk mencari jawaban mengapa kulit katak ini bisa berubah seperti bunglon, padahal tidak mempunyai struktur kulit seperti bunglon.

Harlequin Frog

Katak jenis ini diperkirakan telah punah, namun ditemukan kembali didaerah Ekuador pada bulan September tahun lalu. Terdapat 4 spesies katak Harlequin baru yang berhasil ditemukan.

Berikut gambarnya









Diantara keempat spesies baru katak Harlequin diatas terdapat juga katak Harlequin yang telah punah.





The Great Swallower



Hewan aneh ini ditemukan oleh seorang nelayan dikawasan Grand Cayman, dan dipublikasikan di bulan ini. Karena bingung menentukan golongannya, untuk sementara nama hewan ini diambil dari kondisi saat dia tertangkap, yaitu "the Great Swallower" (si pemakan hebat).

Seperti yang bisa dilihat di gambar, 'the great swallower' bisa memakan ikan yang ukurannya hampir 4x lebih besar dari tubuhnya sendiri. Menurut sumber, sang nelayan yang menangkap ikan ini sudah diwawancarai untuk menceritakan bagaimana dia bisa menangkap makhluk aneh tersebut.

Saya pribadi kurang percaya berita yang satu ini, karena kelihatannya seperti dibuat-buat. Tapi saya tidak tahu karena saya hanya orang awam. Penjelasan lebih lanjut mengenai makhluk ini juga tidak bisa saya dapatkan

New Gecko



Gambar diatas adalah satu dari 8 Spesies tokek baru yang ditemukan di Lao Cai Province, Vietnam. Adalah asisten profesor Xuan Le Canh dari Institut Ekologi dan Creature Resources yang berhasil menemukan spesies tokek baru dalam ekspedisinya.

Ini adalah ketiga kalinya spesies tokek baru yang ditemukan dalam satu tahun terakhir di daerah utara Vietnam. Dalam ekspedisi pelestarian hutan Vietnam tersebut telah ditemukan 8 spesies baru dan 3 telah diidentifikasi. Goniurosaurus catbaensis dan Goniurosaurus huulienensis adalah beberapa diantaranya.

Berbicara mengenai reptil dan sebagainya, di Indonesia, tepatnya di papua ternyata masih menyimpan banyak rahasia. Ekspedisi tahun lalu dari International Conservation menemukan lebih dari 50 spesies baru kadal, serangga, dan katak.

Berikut gambar-gambarnya







New Giant Mouse



Seekor spesies mamalia baru ditemukan dalam pegunungan Tanzania sekitar 2 tahun yang lalu. Makhluk ini terlihat unik dan diberi julukan Rhynochocyon atau udzungwensis, sejenis pengerat berhidung panjang seperti tikus raksasa. Seperti dikutip laporan Journal Zoology, binatang ini seperti mengalami suatu penyilangan antara satu binatang berbelalai dengan seekor trenggiling kecil (But how come?!). Itu terlihat dari wajahnya yang berwarna abu-abu, panjang moncongnya yang fleksibel, besar ukurannya, warna tubuhnya yang seperti tikus, ukuran tubuh dan struktur kaki yang panjang.

“Ini adalah salah satu dari sebagian besar penemuan paling menarik dalam karier saya,”
tutur Galen kepada wartawan Rathbun, dari Kalifornia Academy Sciences.

New Leopard



Bulan lalu seekor leopard (macan tutul) yang unik terekam dalam kamera di Malaysia. Gambar pertama macan tutul ini diumumkan oleh para ilmuwan yang bekerja di hutan suaka Dermakot di Malaysia. Di suaka ini ditempatkan sejumlah kamera di hutan yang secara otomatis dapat menangkap gambar binatang-binatang yang lewat, secara mengejutkan leopard misterius melewatinya.

Macan tutul memang hidup penyendiri dan mengembara, mungkin leopard ini secara tidak sengaja keluar dari persembunyiannya dan tertangkap kamera suaka. Spesies baru ini sekarang disebut macan tutul Sunda atau Sundaland, walaupun sebelumnya disebut macan tutul Borneo. Selain menangkap gambar macan tutul Sundaland, para peneliti juga menangkap empat spesies harimau lain.

PENUTUP

Sebenarnya masih banyak spesies baru lain yang berhasil diidentifikasi dan pastinya masih banyak lagi spesies baru yang akan ditemukan. Inilah bukti bahwa kekayaan alam tiada habisnya.

Oleh karena itu seharusnya kita lebih mencintai alam dengan cara lebih sadar akan sekitar dan melakukan tindakan langsung seperti menyumbang untuk suaka, cagar alam, conservation, dll.

No Response to "Munculnya Spesies Hewan baru dan munculnya kembali hewan yang Sudah Punah"

Leave A Reply